Contoh PTK Kenaikan Pangkat - PTK BAB 5 dan Daftar Pustaka Kenaikan Pangkat SD Terbaru IPS Kelas 5 Metode VCT - Berikut ini contoh laporan PTK lengkap untuk kenaikan pangkat Guru SD Kelas 5 dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Kenampakan Buatan di Indonesia melalui Penggunaan Pendekatan Pembelajaran VCT di Kelas V SD.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada studi awal, siklus I, dan II dapat ditarik kesimpulan bahwa “Penggunaan model pembelajaran VCT dengan metode bervariasi dari diskusi, penugasan, peragaan, dan pengamatan pada pembelajaran IPS konsep “kenampakan buatan di Indonesia, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.”
B. Saran
1. Bagi Guru/Peneliti
a. Guru sebagai pendidik perlu mengadakan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan kemampuan profesionalnya.
b. Guru hendaknya menggunakan model dan metode yang bervariasi pada setiap kegiatan pembelajaran, misalnya model VCT.
c. Guru hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan dan mengolah pengetahuannya sendiri.
d. Sebagai seorang pendidik yang selalu harus berinovasi untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai agar tidak tertinggal dengan perkembangan pengetahuan yang semakin pesat.
e. Guru hendaknya selalu aktif, kreatif, dan bekerja sama dengan teman sejawat dalam menemukan dan memecahkan masalah bersama.
f. Guru harus meningkatkan kemampuannya, baik melalui pendidikan maupun seminar-seminar serta diklat, atau melalui PTK.
2. Bagi Siswa
a. Siswa harus aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui peragaan, pengamatan, dan latihan untuk dapat menemukan pengetahuannya sendiri demi meningkatkan hasil belajarnya.
b. Siswa hendaknya berani dalam bertanya, mengemukakan pendapat, atau menanggapi pendapat siswa lain dalam proses diskusi kelompok.
c. Siswa harus selalu melatih keterampilan mengamati agar hasil belajarnya bisa meningkat.
3. Bagi Sekolah
b. Sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana misalnya alat peraga dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Sekolah harus memberikan kesempatan kepada guru seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan profesionalisme guru.
d. KKG/MGMP yang telah lama ada agar diberdayakan lagi, kegiatan lesson study juga merupakan tempat yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
C. Tindak Lanjut
Hasil dari penelitian ini akan ditindaklanjuti dengan memiNIPalkan pengulangan pembelajaran. Hasil penelitian akan diujicobakan pada materi atau mata pelajaran lain.
Hasil penelitian akan disampaikan kepada teman seprofesi dalam acara KKG atau MGMP tingkat gugus dan Kecamatan.
DAFTAR PUSTAKA
A.Kosasih Djahiri. 1978. Dasar-dasar dan Pengertian Metodologi Model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: LPP-IPS FKIS IKIP Bandung.
Effendi. S. 2004. Belajar Pengetahuan Sosial Dengan Orientasi Keterampilan Sosial Untuk SD Kelas 4. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Ristasa R, Prayitno. 2006. Panduan Penulisan Laporan Perbaikan Pembelajaran (Penelitian Tindakan Kelas). Purwokerto : UPBJJ Universitas Terbuka Purwokerto.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumantri M, Nana Syaod&i. 2005 Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.
Tim Bina Karya Guru. 2004. Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas IV. Jakarta : Erlangga
Wardani, IGAK. 2004. Pemantapan Kemainpuan Profesional (Panduan). Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani, IGAK. 2004. Peneiitian Tindakan Kelas. Jakaria : Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. 2005 Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dun Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumantri M, Nana Syaodih. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sutarno N, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Anggoro Toha M, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka. Andayani, dkk. 2008. Pemantapan Kemampuan Profesional (panduan). Jakarta Universitas Terbuka.
Mikarsa Lestari Hera, Taufik Agus, Prianto Lestari Puji. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta. Universitas Terbuka
Wiranataputra S. Udin. Dr. Prof, dkk.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka
Wardani, IGAK. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Universitas Terbuka.
Baca Juga:
No comments:
Post a Comment