Contoh PTK Kenaikan Pangkat - Contoh PTK IPA Kelas 2 untuk Kenaikan Pangkat Abstrak - Berikut ini contoh Laporan PTK IPA Kelas 2 dengan judul Upaya Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret pada Siswa Kelas II SD.
ABSTRAK
Rinoto-1234567890. Upaya Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret pada Siswa Kelas II SD Negeri ............... Tahun Pelajaran ................
Rumusan masalah yang disusun adalah “Bagaimana meningkatkan keaktifan siswa Kelas II SD Negeri ............... terhadap konsep bagian utama hewan dan tumbuhan melalui penggunaan alat peraga konkret? Dan bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri ............... terhadap konsep bagian utama hewan dan tumbuhan melalui penggunaan alat peraga konkret?
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan proses penggunaan alat peraga konkret yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan alat peraga konkret.
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) Observasi; dan 4) refleksi. Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang mencapai ketuntasan baru 42%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 11% dari studi awal menjadi 53% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 100%. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga konkret dapat meningkatkan keaktifan siswa Kelas II SD Negeri ............... pada pembelajaran IPA konsep bagian utama hewan dan tumbuhan dan penggunaan alat peraga konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri ............... pada pembelajaran IPA konsep bagian utama hewan dan tumbuhan.
Kata kunci: hasil belajar, IPA, alat peraga konkret.
No comments:
Post a Comment