BAB 1 Contoh PTS Kenaikan Pangkat Terbaru tentang Penyusunan RPP

 on Friday, June 24, 2016  

Contoh PTK Kenaikan Pangkat - BAB 1 Contoh PTS Kenaikan Pangkat Terbaru tentang Penyusunan RPP - Berikut ini contoh PTS SD untuk Kenaikan Pangkat dengan judul Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SD Negeri ............ dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Kurang berhasilnya implementasi kurikulum disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan guru  dalam memahami tugas-tugas yang harus dilaksanakannya. Hal itu berarti bahwa guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran menjadi kunci atas keterlaksanaan kurikulum di sekolah. Salah satu tugas guru dalam hal ini adalah menyusun rencana pembelajaran.

Penyusunan perencanaan pembelajaran adalah tugas guru yang sangat penting, karena keberhasilan pembelajaran bergantung pada rencana pembelajaran yang disusun oleh guru. Penyusunan perencanaan pembelajaran yang implementatif memerlukan kemampuan yang komprehensif. Kemampuan itulah yang dapat mengantarkan guru menjadi tenaga yang professional. Guru yang professional harus memiliki 5 (lima) kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi penyusunan rencana pembelajaran.

Kenyataan yang terjadi di SD Negeri ............ pada Tahun Pelajaran ............, masih banyak guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran sehingga hal ini secara otomatis berimbas pada kualitas out put yang dihasilkan dalam proses pembelajaran.

BAB 1 Contoh PTS Kenaikan Pangkat Terbaru tentang Penyusunan RPP

Salah satu permasalahan yang dihadapi guru dama melakukan pembelajaran di kelasnya adalah belum mampunya menyusun rencana pembelajaran. Dari 8 guru yang terdiri dari 6 guru kelas dan 2 guru mata pelajaran, 4 guru atau 50% yang telah mampu menyusun rencana pembelajaran meskipun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.
Hasil supervisi yang telah dilakukan ditemukan masih ada 4 guru yang melaksanakan tugas pembelajaran hanya berpedoman pada buku teks tanpa adanya rencana pembelajaran.

B. Identifikasi Masalah
Ada beberapa faktor yang menyebabkan guru kesulitan dalam menyusun rencana pembelajaran, di antaranya adalah:
1. Guru belum memahami dengan baik tentang kurikulum 2013 dan implementasinya.
2. Belum semua guru mengikuti  pelatihan penyusunan RPP  kurikulum 2013, sehingga hanya mengkopi dari teman atau mencari contoh dari internet, padahal seringkali RPP hasil kopian tidak relevan dengan situasi dan kondisi di sekolahnya sehingga RPP yang ada tidak bisa dijadikan acuan dalam proses pembelajaran.
3. Guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan penyusunan RPP, masih belum mampu menerapkannya di sekolah.
Kondisi tersebut tentu tidak bisa dibiarkan terus menerus, tetapi harus ada solusi dan tindakan nyata dari kepala sekolah  sebagai penanggungjawab keberhasilan pendidikan di sekolahnya. Para guru tersebut harus mendapatkan pembinaan agar mampu meningkatkan kemampuannya dalam menyusun rencana pembelajaran, apalagi kurikulum 2013 yang baru ini yang sangat jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Untuk itu, kepala sekolah perlu melakukan suatu tindakan melalui supervisi akademik untuk membantu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran.

C. Perumusan Masalah
Sehubungan dengan hal tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah kompetensi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik?”

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri ............ dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik Tahun Pelajaran .............

E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan, yaitu antara lain:
1. Bagi kepala sekolah dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melakukan pembinaan kepada para guru melalui supervisi akademik.
2. Bagi para guru dapat memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan penyusunan perencanaan pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berdampak pada peningkatan hasil pembelajaran.

Baca juga:
BAB 1 Contoh PTS Kenaikan Pangkat Terbaru tentang Penyusunan RPP 4.5 5 Unknown Friday, June 24, 2016 Contoh PTK Kenaikan Pangkat - BAB 1 Contoh PTS Kenaikan Pangkat Terbaru tentang Penyusunan RPP - Berikut ini contoh PTS SD untuk Kenaikan P...


No comments:

Post a Comment