BAB 1 Laporan PTK Matematika Kenaikan Pangkat SD Kelas 2

 on Saturday, June 18, 2016  

Contoh PTK Kenaikan Pangkat - BAB 1 Laporan PTK Matematika Kenaikan Pangkat SD Kelas 2 - Berikut ini contoh laporan PTK Matematika SD Kelas 2 untuk kenaikan pangkat dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Pembagian melalui Alat Peraga Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
 Pada hakikatnya matematika adalah ilmu deduktif yang abstrak, sedangkan anak usia SD relative berada pada pemikiran yang konkret dengan kemampuan yang bervariasi sehingga strategi dan pendekatan psikologi sebagai jembatan sementara adalah salah satu alternatifnya. Pada dasarnya, agar pembelajaran matematika di SD itu dapat dimengerti oleh para siswa dengan baik maka seyogyanya mengajarkan suatu bahasan itu harus diberikan kepada siswa yang sudah siap untuk menerimanya.

1. Identifikasi Masalah
Di kelas II SD Negeri .................. dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Pada saat pelajaran matematika dengan materi pembagian diketahui siswa yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran kurang dari 50%,  sehingga hasil belajar siswa dalam tes formatif hanya 5 dari 16 orang siswa yang dapat mencapai standar Kriteria Ketuntasan MiNIPal (KKM) 70 atau tingkat keberhasilan  baru mencapai 31,25% dan rata- rata kelas baru mencapai 55,63. Hal ini berarti hasil belajar siswa rendah.

BAB 1 Laporan PTK Matematika Kenaikan Pangkat SD Kelas 2

Selama ini dalam mengajar matematika jarang menggunakan alat peraga, yang sering digunakan hanya penjelasan biasa sehingga kurang menarik perhatian siswa. Guru belum menggunakan alat peraga dalam pembelajaran pembagian sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran.
Sebagai guru kelas II SD Negeri .................. mengharapkan agar siswa selalu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika dengan materi pembagian meningkat mencapai tingkat ketuntasan 85%.
Guru ingin melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lingkungan sekitar, harapannya dengan menggunkan alat peraga lingkungan sekitar dapat meningkatkan keaktifan siswa terhadap proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar matematika dengan materi konsep  pembagian pada kelas II Sekolah Dasar Negeri .................. belum sesuai dengan harapan karena belum menggunakan alat peraga  maupun metode mengajar secara efektif dan efisien hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Jumlah siswa yang memperoleh  nilai sesuai KKM yaitu 70 belum mencapai tingkat ketuntasan 75.

2. Analisis Masalah
Dari kenyataan yang ada di sekolah, rendahnya hasil belajar siswa teridentifikasi hasil belajar rendah. Dari hasil identifikasi tersebut diperoleh analisis masalah bahwa:
b. Guru tidak menggunakan benda nyata di lingkungan sekitar sebagai alat peraga tetapi hanya melalui gambar.
c. Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi.
d. Pemebelajaran yang dilakukan masih monoton sehingga siswa merasa bosan dan jenuh.

1. Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut, guru melakukan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Untuk tindakan pertama menerapkan model pembelajaran menggunakan alat peraga lingkungan sekitar dengan bimbingan guru, siklus kedua menerapkan model pembelajaran menggunakan alat peraga lingkungan sekitar dengan kelompok tanpa bimbingan guru dengan penugasan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang konsep  pembagian pada siswa kelas II SD Negeri .................. pada semester 2 tahun 2016/2017.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Pembelajaran Matematika Konsep Pembagian Melalui Alat Peraga Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri  ..................”.

B. Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan penjelasan tersebut dan bertitik tolak pada latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitiannya adalah “Apakah pembelajaran matematika konsep pembagian melalui alat peraga lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri ..................?” 

C. Tujuan Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan konsep pembagian melalui alat peraga lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri ...................

D. Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan memiliki manfaat sebagai berikut:
1. Manfaat Teoritis
Penelitian ini dapat dijadikan referensi pada penelitian berikutnya.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi guru
Bagi guru, penggunaan alat peraga lingkungan sekitar menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih bermutu. Indikasi pembelajaran yang bermutu adalah diperolehnya hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.
b. Bagi siswa
1) Bagi siswa, dengan menggunakan alat peraga lingkungan sekitar, maka siswa cepat mendapakan pemahaman materi konsep pembagian akan meningkat.
2) Pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan
c. Bagi sekolah
1) Bagi sekolah, dalam hal ini SD Negeri .................. dapat mengambil manfaat yang langsung dapat diterapkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.
2) Meningkatkan prestasi sekolah dalam bidang akademik khususnya mata pelajaran matematika.

BAB 1 Laporan PTK Matematika Kenaikan Pangkat SD Kelas 2 4.5 5 Unknown Saturday, June 18, 2016 Contoh PTK Kenaikan Pangkat - BAB 1 Laporan PTK Matematika Kenaikan Pangkat SD Kelas 2 - Berikut ini contoh laporan PTK Matematika SD Kelas...


No comments:

Post a Comment